Penyebab Komputer Sering Hang dan Solusinya!

Rasanya cukup menjengkelkan jika satu waktu saat menggunakan komputer harus terhenti tiba tiba dikarenakan komputer hang. Kondisi ini memang bisa terjadi dikarenakan oleh beberapa faktor entah itu kerusakan software, hardware maupun virus. Nah, agar bisa bekerja maksimal maka mau tidak mau Anda harus mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Dengan demikian, proses perbaikan akan mudah dilakukan. Berikut ini beberapa penjelasan singkatnya.

Hang Karena Kerusakan pada Software

Kerusakan pada software adalah salah satu hal kondisi yang paling umum terjadi, bahkan digadang gadang bisa menyebabkan komputer menjadi hang. Umumnya, hal ini sangat erat kaitannya dengan spesifikasi yang ada pada software.

Gangguan pada sistem operasi

Kondisi ini paling sering terjadi dikarenakan oleh beberapa faktor seperti virus dan keadaan Harddisk yang memang cukup rusak. Perlu diketahui bahwa tidak hanya software windows saja, akan tetapi sistem operasi Mac serta Linux juga memilki potensi yang sama. Dan faktor utama terjadinya kerusakan ini dikarenakan oleh si pengguna atau user.

Dan untuk mengatasinya adalah melakukan recovery data secara online. Untuk mereka yang membeli aplikasi secara resmi maka secara otomatis akan dideteksi melalui website produsen dan melakukan perbaikan secara online. Sebaliknya, tindakan yang bisa dilakukan adalah melakukan instal ulang pada sistem operasi.

Cache registry yang terlalu banyak

Bagi Anda yang kurang paham apa yang dimaksud dengan Cache Registry adalah sisa sisa memori yang digunakan untuk software. Tidak sedikit cache registry ini cukup memberatkan sistem sehingga komputer mudah menjadi hang.

Spesifikasi dari software yang terlalu berat

Kemudian, faktor selanjutnya yang bisa membuat komputer menjadi hang adalah software yang digunakan. Sudah bukan rahasia lagi jika software yang digunakan cukup tinggi maka komputer akan sulit menjalankan programnya. Namun, jika dipaksakan maka komputer serta merta akan mengalami hang. Untuk itu pastikan, sistem yang digunakan sesuai dengan kondisi PC yang Anda miliki.

Untuk mendeteksinya Anda bisa melakukannya dengan cara menekan Ctrl + ALT + Del.

Virus

Ini merupakan salah satu penyebab yang membuat komputer menjadi hang. Biasanya, virus yang masuk tersebut tidak disadari oleh si pengguna. Entah itu melalui transfer file antar komputer, jaringan internet, bahkan bisa masuk melalui email yang diterima. Virus ini sendiri bisa membuat kinerja komputer menjadi lamban dikarenakan memberatkan sistem.

Dan untuk mengatasinya Anda harus melakukan scan secara berkala dengan menggunakan antivirus yang mumpuni. Atau, bisa juga dengan menggunakan versi DOS.

Browser

Saat melakukan aktifitas di dunia maya, banyak yang tidak menyadari bahwa browser bisa membuat performa komputer menjadi lamban. Hal ini disebabkan karena browser membutuhkan memori yang cukup besar.

Hang Karena Kerusakan pada Hardware

Lantas, bagaimana dengan faktor kerusakan pada hardware? Apakah turut mempengaruhi kinerja komputer? Faktanya memang benar dimana biasanya kondisi akan menyebabkan Sistem Operasi atau Software akan mengalami malfungsi. Biasanya, kerja processor yang terlalu berat akan membuat komputer menjadi mudah hang.

Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara memberi waktu pada komputer untuk beristirahat terlebih jika sudah dalam keadaan panas. Pastikan juga Anda menggunakan kipas untuk mendingkan processor. Dan jangan lupa, untuk mengupgrade komponen yang ada pada komputer agar performanya bisa berjalan maksimal.

Itulah penjelasan singkat mengenai faktor penyebab komputer menjadi hang termasuk bagaimana mengatasinya dengan mudah. Dengan demikian, aktifitas Anda tidak mengalami kendala pastinya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *