Ini Dia Rahasia Cara Melihat Versi Windows Agar Tak Salah Pilih

Tidak sedikit pembeli komputer yang kurang paham bagaimana memilih jenis atau model yang tepat. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan dan biasanya, pihak penjual itu sendiri juga sudah memasang atau menginstal sistem operasi Windows yang siap pakai. Nah, masalah akan muncul saat ingin menginstal beberapa aplikasi atau game karena pada kenyataannya PC yang dibeli tidak mumpuni. Alias, Minimum System Requirement yang dibutuhkan tidak terpenuhi agar sistem bisa berjalan maksimal. Yang pada akhinya si pengguna menjadi ragu saat membeli game atau beberapa aplikasi yang mendukung aktifitas harian mereka. Satu hal yang tidak diinginkan bukan?

Untuk itu, bagi mereka yang ingin membeli PC atau komputer baru ada baiknya mengetahui versi Windows yang ada didalamnya. Tujuannya adalah memudahkan Anda untuk memaksimalkan performa dari komputer tersebut. Caranya bagaimana?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti :

Melalui Menu Run (About Windows)

Cara pertama untuk melihat versi Windows 10 adalah menggunakan Menu Run. Menu Windows Run itu sendiri merupakan fitur yang cukup penting pada Sistem operasi windows dimana penggunanya bisa mengakses pengaturan (setting), kemudian dokumen, atau bisa juga program, utilities serta lainnya.

Pertama-tama Anda menekan Tombol Keyboard Windows + R secara bersamaan sehingga akan muncul Jendela Run. Ketikan winver di kolom yang tersedia, klik OK dan akan munculJendela About Windows. Isinya sendiri berupa informasi tentang sistem operasi Windows 10 yang ada pada laptop.

Melalui Windows Explorer

Cara yang kedua adalah menggunakan Menu Windows Explorer. Windows Explorer ini sendiri adalah sebuah menu yang menawarkan antarmuka grafis untuk pengguna agar bisa mengakses sistem berkas. Entah itu sistem berkas untuk media penyimpanan maupun jaringan.

Caranya dimulai dengan menekan Tombol Keyboard Windows + E secara bersamaan agar muncul Halaman Sistem Berkas. Arahkan kursor mouse ke icon This PC di bagian kiri atas layar dan klik kanan icon This PC dan pilih Opsi Properties. Akan muncul nanti Jendela System Properties yang isinya tentang System, Registered & Hardware Computer

Melalui DirectX Diagnostic Tool (DXDIAG)

Untuk cara ketiga ini Anda bisa menggunakan tool yang bernama DXDIAG (DirectX Diagnostic). Dxdiag adalah sistem operasi windows yang mampu memberikan informasi tentang komponen Direct X, Software, Hardware, serta driver yang terinstal pada komputer.

Sebagai langkah awal, tekan Tombol Keyboard Windows + R secara bersamaan yang akan memunculkan Jendela Run. Kemudian, ketikan dixdiag pada kolom yang tersedia, tekan Tombol Ok. Akan muncul Jendela DirectX Diagnostic Tool yang memberikan keterangan tentang system, hardware serta software yang terpasang pada komputer. Entah itu Monitor, Sound, VGA, Operating System, Network, Processor, BIOS, RAM, dan lainnya.

Melalui CMD (Command Prompt)

Selanjutnya, cara yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan menu menu CMD (Command Prompt) yang ada pada sistem operasi windows. Gunanya adalah sebagai baris perintah penerjemah sesuai dengan instruksi. Tekan tombol Keyboard Windows + R secara bersamaan sehingga muncul Jendela Run. Lalu, ketikan CMD pada kolom yang tersedia dan enter

Selanjutnya, akan muncul Jendela CMD, ketikan ver dan tekan enter. Maka, akan muncul Microsoft Windows Version serta Edisi dan Nomor Build OS.

Bagaimana, mudah bukan untuk mengetahui versi Windows yang dimiliki saat ingin membeli? Oh ya, Anda juga bisa bertanya dengan staf penjual untuk mencari tahu versi Windows pada komputer.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *