Bagaimana Menjaga Komputer Anda Tetap Dingin

Untuk Anda yang kerap menggunakan komputer saat melakukan beragam aktifitas, maka ada beberapa hal yang perlu diketahui. Mengapa? Saat komputer hidup maka bisa dikatakan hampir semua komponen yang ada didalamnya menjadi panas. Jika kondisi ini terus menerus terjadi maka bisa saja mengakibatkan kerusakan. Lantas, hal apa yang bisa dijadikan sebagai solusi? Di artikel ini akan dibahas tentang beberapa tips sederhana yang membuat PC Anda menjadi dingin.

Cara membersihkan komputer

Sebagai langkah awal, pastikan jika casing komputer sudah dalam keadaan terbuka. Periksalah apakah kipas dalam keadaan baik karena jika tidak, maka lebih baik Anda memperbaikinya melalui jasa yang terpercaya atau membeli komponen yang baru. Jangan lupa juga, untuk membersihkan komputer secara berkala khususnya kipas pendingin. Sesuai dengan namanya, maka kipas ini berfungsi untuk membuat komputer selalu dalam keadaan dingin meski dalam keadaan aktif.

Selain itu, dengan membersihkan komputer maka akan membuat kondisinya jauh dari debu atau kotoran yang menumpuk yang tentu saja mempengaruhi kinerja komputer itu sendiri. Hal ini sebaiknya diperhatikan karena jika kipas tidak bekerja secara maksimal maka udara panas akan keluar. Akibatnya perlahan namun pasti beberapa bagian internal komputer akan menjadi rusak.

Bagaimana membersihkan kipas pendingin yang ada pada PC? Yang pertama adalah mematikan komputer Anda dan membuka casingnya. Jika ada kotoran seperti debu yang cukup tebal maka keluarkan kipas terlebih dahulu. Setelahnya, gunakan penyedot debu elektronik kecil atau bisa menggunakan alat lainnya seperti kemoceng misalnya. Lakukan secara perlahan agar debu atau kotoran lainnya tidak menempel.

Setelahnya, gunakan kain lembab dan kipas pendingin sudah kering alias tidak dalam kondisi lembab agar Anda mudah menyambungkannya kembali. Jangan lupa, bersihkan juga bagian lainnya seperti monitor, keyboard dan mouse.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan komputer adalah memastikan jika mesin dalam keadaan mati. Mengapa demikian? Guna mencegah komputer melepas muatan listrik statis yang bisa merusak komponen. Selain itu, sangatlah disarankan agar mengetahui secara pasti prosedur pembersihan yang disesuaikan dengan tipe atau model dari komputer itu sendiri.

Posisi yang tepat saat menggunakan komputer

Agar komputer bisa bekerja secara maksimal maka ada baiknya meletakkan perangkat tersebut pada aliran udara yang cukup. Hindari tempat dimana ada benda lain yang mencegah terjadinya sirkulasi udara seperti dinding atau lemari misalnya. Setidaknya, beri jarak dua hingga tiga inci di kedua sisi mengingat udara panas akan keluar dari bagian belakang casing komputer. Atau, bisa juga dengan meletakkan di ruangan ber-AC agar PC tidak mengalami panas berlebih.

Tidak sedikit pengguna komputer tidak menggunakan casing secara menyeluruh alias tidak tertutup. Tujuannya agar panas yang ada di dalam komputer bisa dikeluarkan dengan baik. Masalahnya, kondisi ini akan membuat debu atau kotoran lainnya akan mudah menempel pada komponen yang ada pada komputer. Yang pastinya akan memberatkan kinerja dari komputer itu sendiri. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan kipas tambahan atau yang lebih berkualitas yang bisa menjaga suhu lebih rendah. Bahkan, bila perlu menggunakan kipas khusus komponen yang tentunya disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara agar komputer atau PC selalu dalam keadaan dingin guna mencegah hal yang tidak diinginkan selama bekerja. Dan pastinya, menjaga kebersihan serta menggunakan komponen yang mumpuni sangat berperan penting mengingat komputer ini adalah ‘aset’ bagi mereka yang bekerja di depan PC. Selamat mencoba!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *