Bagaimana Memilih PC Gaming Tanpa Modal Besar

Kalau dulu, mereka yang membeli komputer untuk game hanya dilakukan dikalangan khusus saja alias yang memang memiliki dana lebih. Akan tetapi, sekarang ini sudah banyak perubahan dimana PC untuk bermain game lebih banyak ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan, beberapa produsen membuat secara khusus edis untuk mereka yang menyukai aktifitas yang satu ini.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya promosi yang ditawarkan baik itu melalui marketplace, toko online hingga official store itu sendiri. Enaknya, meski harga yang ditawarkan cukup murah akan tetapi fasilitas pendukungnya justru maksimal. Tapi, tunggu dulu alias jangan keburu membeli komputer untuk gaming sebelum membaca beberapa tips yang setidaknya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Apakah Sekarang Saat Yang Tepat untuk Membeli?

Kapan saat yang tepat untuk mendapatkan PC gaming? Bagi sebagian orang yang memang mengikuti trend yang satu ini berpendapat bahwa membeli di waktu peluncuran akan jauh membutuhkan banyak dana. Akan tetapi, bagi mereka yang lebih suka membeli PC gaming bekas maka sah sah saja untuk membeli sekarang. Artinya, Anda tetap menyesuaikan dengan anggaran dana serta tujuannya.

Namun yang pasti, mencari rekomendasi dari berbagai sumber sangat disarankan agar Anda tak salah pilih. Ada beberapa situs yang justru memberikan tipsnya agar Anda tak harus mengeluarkan banyak dana untuk membelinya. Misalnya saja menyarankan untuk bergabung dengan komunitas yang menawarkan sistem multipemain dimana Anda, teman bahkan orang asing berada pada satu tempat digital yang sama. Sebut saja World of Warcraft, kemudian ada juga Counter-Strike, League of Legends, dan beberapa aplikasi game PC, termasuk Discord dan Steam.

Bagaimana Harga?

Covid-19 telah membuat banyak dunia manufaktur bergejolak. Banyak produsen komponen PC yang berbasis di China, yang terpukul keras oleh Covid-19. Pengiriman PC telah turun 8 persen tahun ini, menurut firma analitik Canalys — penurunan terbesar sejak 2013. Meski demikian, bukan berarti harga yang ditawarkan jauh lebih menurun dari sebelumnya. Artinya, harga yang diberikan masih berkutat pada harga yang memang berlaku di pasaran. Hanya saja, beberapa fasilitas yang ditawarkan ada yang ditambahkan atau dihilangkan dengan tujuan mengurangi anggaran penjualan bagi konsumen.

Berbicara soal harga memang tidak ada aturan baku yang mengaturnya. Ada merasa PC model A masih termasuk harga terjagkau namun tidak banyak juga yang merasakan jika terlalu mahal untuk spesifikasi yang ada. Artinya, Anda harus mengembalikan kepada tujuan, kebutuhan dan pastinya anggaran dana yang dimiliki.

Tidak sedikit yang lebih memilih PC untuk gaming dalam bentuk rakitan. Nah, untuk yang ini ada kelebihannya seperti bisa memilih spesifikasi apa yang dibutuhkan. Sangat disarankan agar lebih memperhatikan motherboard dimana fungsinya adalah untuk menghubungkan komponen yang ada. Jadi, pastikan untuk memilih yang berkualitas dan mudah untuk diupgrade. Hal ini penting mengingat perkembangan teknologi terus menerus mengalami perubahan yang cukup cepat. Sehingga, Anda bisa mengikuti perubahan tersebut tanpa repot karena ada beberapa slot yang memang dirancang secara khusus untuk menambahkan ”daya” yang dibutuhkan.

Demikian penjelasan atau tips singkat mengenai cara membeli komputer atau PC untuk game tanpa harus mengeluarkan banyak dana. Bisa bergabung dengan komunitas game, membeli komputer rakitan yang bisa dipilih sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Dengan demikian, kegiatan ini akan semakin menyenangkan karena didukung oleh perangkat yang mumpuni.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *