Apa Sih Ciri Komputer Terkena Virus dan Solusinya?

Jika Anda merasa performa komputer yang Anda miliki menurun maka bisa saja ini ulah dari beberapa virus. Meskipun kita harus menyadari bahwa sebuah komputer akan mengalami penurunan performa namun setidaknya ini berlaku kurang lebih 5 tahun. Nah, jika hanya dalam hitungan beberapa bulan performanya mengalami penurunan, maka lebih baik Anda mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya.

Virus bisa dengan mudah masuk kedalam sistem komputer dengan menggunakan beberapa cara. Misalnya saja melalui jaringan internet, perpindahan atau tranfer file hingga saat membuka browser tertentu. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?

Ciri Ciri Komputer Terkena Virus

Satu hal yang perlu dilakukan adalah mengetahui apa yang menjadi ciri dari komputer yang terkena virus seperti :

Memory pada drive mengalami penyusutan

Menyusutnya memory secara mendadak padahal Anda tidak melakukan aktifitas apapun seperti menginstal atau mengcopy adalah ciri dari komputer terkena virus. Hal ini disebabkan karena virus itu sendiri sudah menginstal dirinya sehingga memakan RAM komputer dalam porsi banyak. Akibatnya, memory yang ada pada disk drive Anda akan mengalami penyusutan yang cukup banyak.

File yang mengalami kerusakan

Ciri yang kedua adalah banyak sekali file yang mengalami kerusakan atau istilahnya adalah corrupt. Biasanya virus bisa secara sengaja mereplace atau menghilangkan file default yang pastinya akan menghambat sistem kerja dari aplikasi yang ada.

Harddisk mengalami corrupt

Tidak sedikit yang kurang paham bahwa ternyata Harddisk pun bisa mengalami kerusakan. Cirinya adalah harddisk akan mengalami perubahan pada format yang umum digunakan.

Banyak file yang hilang atau ter-hidden

Untuk yang satu ini mungkin sebagian besar pengguna sudah mengetahuinya. Biasanya, virus dapat membuat file yang ada pada harddisk hilang. Padahal, saat dilakukan scan, seluruh file dan folder bisa terlihat hanya saja tidak bisa diakses. Caranya adalah menggunakan command prompt agar Hidden dan Archive bisa hilang yang dibuat oleh virus.

Performa komputer menjadi melambat

Selanjutnya, yang menjadi ciri melambannya komputer adalah performanya yang jauh menurun. Biasanya, memory yang ada sudah banyak terpakai cukup banyak sehingga sisa space pada RAM dan harddisk menjadi sangat sedikit. Tentu saja ini sangat berpengaruh pada kinerja komputer Anda.

Komputer mengalami self restart

Self restart adalah salah satu ciri – ciri komputer terkena virus. Bahkan efek sampingnya yang bisa terjadi adalah komputer sering mengalami hang. Kondisi ini bisa terjadi saat virus sudah mulai banyak di komputer tanpa ada solusi untuk membersihkannya. Sehingga, pada satu waktu komputer akan mengalami mati mendadak atau self restarting.

Antivirus mendadak mati

Virus juga memiliki kemampuan untuk melakukan non-aktifasi antivirus. Akibatnya, virus bisa membuat antivirus yang ada pada komputer sebelumnya akan mati secara tiba tiba. Bahkan, tidak sedikit malah yang tanpa disadari justru menyalakan virus yang ada pada sistem tersebut.

Dari beberapa penjelasan diatas memang sangatlah disarankan untuk melakukan scan secara berkala dengan menggunakan antivirus yang mumpuni. Selain itu, membuat data back up juga langkah yang penting mengingat sekarang ini cukup banyak penyimpan data baik secara online maupun offline.

Satu lagi, pengguna komputer haruslah menggunakan sistem yang resmi alias asli. Tujuannya jelas, agar saat dilakukan recovery tidak mengalami kesulitan lagi karena cukup menghubungkan dengan website resmi maka segala permasalahan bisa diatasi dengan mudah. Yuk, kita jaga performa komputer dengan melakukan tips diatas.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *